Sungguh sangat menyebalkan bukan?
Saya sendiri sudah mengalami ini mungkin lebih dari tiga kali selama melakukan perjalanan atau dalam situasi harus menginap di hotel. Pengalaman-pengalaman itu bukan saja saat menginap di hotel budget, pernah juga terjadi di hotel berbintang. Saya juga tak terlalu mengerti apakah memang orang orang jaman sekarang mengalami penurunan kepedulian terhadap orang lain atau entah ada faktor lainnya lagi mereka tanpa rasa bersalah melakukan ini. Semisal saja barangkali orang orang ini terlalu bergembira atau memang mereka terbiasa tak menghargai orang lain.
Buat siapapun yang baca tema blog saya yang ini, harapan saya semoga jika kalian tanpa sadar pernah melakukan hal ini (bersuara/bertindak berlebihan sehingga mengganggu ketenangan orang yang berada di kamar lain di satu area/koridor/lantai hotel tempat kalian menginap) sebaiknya segera menyadari dan tidak mengulangi hal yang sangat menyebalkan ini lagi di lain kesempatan. Karena tindakan ini betul betul menyalahi etika umum saat sedang menginap di hotel. Etika ini sih sebenarnya tidak dibuat secara tertulis, namun logikanya hotel itu dibuat untuk memberikan kenyamanan dan menjadi tempat beristirahat orang-orang saat melakukan perjalanan ke manapun, menggantikan rumah atau kamar di rumah sendiri.
Jadi sudah pasti yang dicari adalah kenyamanan dan ketenangan, terlepas mungkin ada juga oknum yang menjadikan hotel sebagai tempat untuk melakukan hal hal yang negatif. Tapi tetap semestinya itupun tidak boleh mengganggu orang lain yang menyewa kamar sebelah atau kamar kamar lain yang sekoridor dengan kita.
Bayangkan jam 2.00 dini hari, saat anda tidur pulas dan besok harus bangun pagi pagi benar untuk mulai melakukan perjalanan wisata atau perjalanan dinas yang schedulenya padat dan menguras energi, lalu ada suara gaduh bahkan sangat bising datang dari kamar sebelah atau kamar lain yang satu koridor bahkan mungkin satu lantai dengan anda, sehingga anda terbangun dan tidak bisa tidur kembali. Saya rasa manusia senormal dan sesabar apapun pasti akan sangat merasa kesal mengalami ini, bahkan bisa jadi ada sebagian orang yang saking kesalnya, bisa saja mendatangi kamar tersebut dan memarahi orang tersebut.
Saya pribadi lebih memilih untuk segera menekan tombol operator/front office, meminta tolong petugas hotel untuk menghubungi kamar tersebut menegur orang yang membuat kegaduhan/kebisingan itu. Menurut saya ini yang paling etis untuk dilakukan, jika betul betul merasa terganggu. Jangan sampai kita juga terpancing emosinya menghadapi hal ini.
Jadi sekali lagi mulai saat ini yuk jika kalian punya kesempatan bisa atau harus menginap di hotel dalam kondisi apapun, janganlah kalian berisik atau mengganggu orang lain yang juga menginap di hotel yang sama. Bicaralah pelan pelan, jangan mendorong dorong koper terlalu keras, jangan becanda berlebihan. Buat orang tua yang membawa anak kecil, mohon juga diperhatikan anak anaknya beri mereka pengertian agar tidak bermain dan berteriak teriak berlebihan. Setahu saya hotel juga biasanya dilengkapi area yang mungkin bisa dijadikan tempat bermain oleh anak anak, tanpa mengganggu tamu tamu hotel lainnya. Pokoknya intinya adalah jangan sampai mengganggu ketenangan dan kenyamanan orang lain/tamu lain saat anda menginap di hotel, terutama saat waktu beristirahat di malam hari! Andapun jika sedang beristirahat tak mau diganggu bukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar